Kapolres Salatiga Bersama dr Venny Dwi Jayanti Sosialisasi Pola Hidup Sehat Di Masa Pandemi Covid-19

Polres Salatiga – Tribratanews.salatiga.jateng.polri.go.id – Terjadinya Pandemi Covid-19 membawa berbagai perubahan dalam pola hidup manusia, mulai dari aktivitas seperti bekerja maupun kegiatan lainnya baik saat dirumah maupun diluar rumah, perlu perubahan pola dan gaya hidup demi tetap terjaganya kesehatan, untuk mencapai hal tersebut Polres Salatiga bekerjasama dengan Klinik Prodia melaksanakan Sosialisasi tentang Pola Hidup Sehat Dimasa Pandemi Covid-19 Personil Polres Salatiga, di Pendopo Polres Salatiga, pada hari Kamis tanggal 01/10/2020.

Dalam sambutannya Kapolres Salatiga menyampaikan bahwa Anggota Polri sangat rentan terpapar Covid-19, sehingga sosialisasi ini sangat penting artinya, agar seluruh anggota mampu untuk mengantisipasinya dengan berbagai langkah selain dengan Adaptasi Kebiasaan Baru atau 3 M ( memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan ), yang tentunya nanti akan disampaikan oleh dr Venny Dwi Jayanti, diharapkan nantinya seluruh personil dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat membantu upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sambut AKBP Rahmad Hidayat, S.S.

Dalam materinya dr Venny Dwi Jayanti meyampikan bahwa dengan belum ditemukannya vaksin atau obat dari virus Covid-19, hal terpenting dalam upaya bertahan dari serangan virus Covid-19 adalah sistem imun tubuh kita, selain penerapan protokol kesehatan dalam setiap aktifitas kita sehari-hari.

“Dengan belum ditemukannya vaksin atau antivirus Covid-19, kita harus survive hidup berdampingan dengan virus Covid-19,” jelas dr Venny Dwi Jayanti

Lalu, pola hidup bersih dan sehat seperti apa yang perlu diterapkan agar tak mudah terserang virus Covid-19 ini ?
Pola hidup sehat dan bersih sebenarnya sudah diimbau sejak lama, namun kebiasaan ini baru benar- benar diterapkan sejak pandemi Covid-19 terjadi, adapun pola hidup sehat dan bersih yang perlu diterapkan untuk menjaga imun tubuh sebagai berikut :

– Perbanyak asupan makanan bergizi, dengan menerapkan pola makan sehat dan penuh nutrisi, kualitas kesehatan dan daya tahan tubuh sudah pasti ikut meningkat. Salah satu makanan yang baik untuk daya tahan tubuh adalah makanan kaya akan vitamin C dan vitamin B kompleks.

– Cukupi kebutuhan air putih. Minum paling tidak 8 gelas sehari dapat membantu tubuh jadi tak mudah dehidrasi dan dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

– Olahraga rutin, sebaiknya tetap biasakan berolahraga sebelum melakukan aktivitas harian agar tubuh tetap fresh dan fit.

– Istirahat cukup, Tidur yang berkualitas dapat membantu memaksimalkan metabolisme dan menjaga daya tahan tubuh. Usahakan untuk tidur minimal 7-8 jam setiap harinya.

– Bantu dengan multivitamin, untuk membantu tubuh memenuhi kebutuhan vitamin harian bisa mengonsumsi multivitamin secara rutin yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan sistem imunitas dan daya tahan tubuh.

– Gunakan masker ketika pergi keluar rumah, sebaiknya masker yang dapat mencegah penyebaran virus dengan melindungi bagian wajah dari droplets seseorang yang mengandung Covid-19.

– Terapkan physical distancing. Pastikan kamu tetap jaga jarak dan tidak melakukan kontak terlalu dekat dengan orang lain, kecuali memang diperlukan. Jangan lupa, untuk selalu menghindari kerumunan di tempat ramai.

– Cuci tangan rutin. Selalu cuci tangan dengan sabun dan air, terutama setelah menyentuh benda atau orang lain yang ada kemungkinan terpapar Covid-19, sediakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan saat kondisi darurat.

– Bersihkan permukaan benda dengan disinfektan. Untuk benda atau barang yang sering kamu sentuh dan bawa keluar rumah, bisa dibersihkan dengan disinfektan secara rutin, misalnya handphone, dompet, atau kantong belanjaan yang sering kamu gunakan, jelas dr Venny panjang lebar

Sebelum mengakhiri materinya yang tidak kalah pentinyanya adalah selalu berdoa, hal ini sangat penting karena dengan berdoa menjadikan kita merasa nyaman dan kenyamanan tersebut mampu meningkatkan daya imunitas tubuh, tutupnya.

Selesai kegiatan Kapolres Salatiga saat ditemui menyampikan bahwa dengan disiplin menerapkan adaptasi baru dan menjaga pola hidup sehat dan bersih, diharapkan tidak ada anggota Polres Salatiga yang terpapar Covid-19, dan Alhamdulillah sampai saat ini Anggota Polres Salatiga dalam keadaan sehat belum ada yang terkonfirmasi Covid-19 dari beberapa test swab yang telah dilaksanakan di Polres Salatiga, jelas AKBP Rahmad Hidayat, S.S.

( Humas Polres Salatiga Polda Jateng )

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password