HATI-HATI BERMAIN MEDSOS, HIMBAU BRIPKA FARKHAN

Polres Salatiga – Maksud hati dengan menggunakan sarana media sosial, Toto (48) satpam di PT Indo Sakura Indonesia (ISI) mengunggah kehilangan dompetnya yang berisi surat-surat penting, namun justru kembali tertipu setelah seseorang mengaku menemukannya dan meminta imbalan. Beruntung hal tersebut dapat dicegah oleh Bripka Farchan Bhabinkamtibmas Cebongan Polsek Argomulyo Polres Salatiga yang sedang sambang ke tempatnya bekerja, Rabu (7/2/2018).

Toto menceritakan setelah kehilangan dompet, kemudian membuat surat kehilangan dan menggunggahnya ke media sosial. Beberapa saat kemudian ada seseorang yang mengaku menemukan dompetnya, dengan alasan kehabisan paket internet kemudian minta diisi. Setelah diisi selanjutnya meminta uang, namun belum sempat permintaan tersebut dikabulkan Bripka Farchan datang dan memberikan penjelasan bahwa itu bisa jadi modus penipun, benar setelah ditelpon nomornya tidak bisa dihubungi, ucap Toto.

Atas kejadian tersebut Bripka Farchan mengingatkan agar lebih hati-hati menggunakan media sosial, jangan mengunggah surat penting misal KTP, SIM dan surat penting lainnya, karena hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan, jelas Bripka Farkhan.

Toto sangat berterima kasih atas pemahaman yang disampaikan, sehingga kerugian yang lebih besar dapat dihindarkan, sudah kehilangan surat penting, kehilangan pulsa beruntung belum jadi kirim uang, ucapnya.

Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan SIK MH MIK melalui Kapolsek Argomulyo menyatakan bahwa sampai saat ini masih saja terjadi modus penipuan dengan sarana media online, untuk itu perlu terus memberikan himbauan kepada masyarakat agar lebih hati-hati, jelas AKP Siswanto.

(Humas Polres Salatiga Polda Jateng)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password