Unit Reskrim Polres Salatiga Berhasil Tangkap Pelaku Bobol ATM di Kota Salatiga

Polres Salatiga – Rabu (30/05/2018) Reserse Kriminal Polres Salatiga berhasil menangkap 2 pelaku sindikat pembobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM) TKP ATM BNI Jalan Diponegoro depan Happy Family, Sidorejo, Kota Salatiga dan ATM BNI Jalan Diponegoro depan SPBU Soka Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga.

Dua pelaku yang diamankan yaitu DH (21) warga Puri Makotarama Jalan Diponegoro Kota Salatiga. dan PL (44) warga Jalan KH.Ahmad Dahlan Kelurahan Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga.

Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan, S.IK., M.H., M.IK., dalam press release, Rabu (30/05/2018) mengungkapkan bahwa modus yang dilakukan pelaku adalah, pelaku membongkar/merusak kunci gembok pintu mesin ATM dan membongkar exit suter/tempat keluarnya uang dan mematikan aliran listrik yang ke mesin ATM untuk mematikan CCTV, kemudian pelaku mengambil uang yang ada di kedua ATM BNI.

Kejadian berawal pada hari Selasa (29/05/2018) sekitar pukul 03.30 Wib, Polres Salatiga telah mendapatkan laporan dari Saudara Nugroho Agung Kuncoro bahwa di ATM BNI depan Happy Puppy dan ATM BNI depan SPBU Suko telah dibobol atau dirusak diambil uangnya oleh orang yang tidak dikenal.

Setelah mendapatkan laporan tesebut unit Reskrim dan Resmob Polres Salatiga langsung mendatangi TKP dan melakukan olah TKP serta melakukan pemeriksaan saksi-saksi. Dari hasil penyelidikan didapatkan informasi tentang ciri-ciri pelaku. Dari informasi ciri-ciri pelaku tersebut kemudian dilakukan penyelidikan keberadaan tersangka dan langsung dilakukan penangkapan terhadap kedua tersangka.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan, dan dari hasil pemeriksaan tersangka mengakui benar bahwa merka yang melakukan pembobolan ATM tersebut.

Dari para pelaku diamankan barang bukti berupa 1 buah HP IPhone X warna silver, uang pecahan Rp4.700.000,00 (Empat Juta Tujuh Ratus Ribu Rupiah), mata palu/kepala palu, gagang palu warna orange, beberapa pecahan alat pengaman ATM, DVD room ATM, dan exit sarter yang ditemukan di 1 km dr lokasi TKP SPBU Soka.

“Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukuman pasal ini maksimal tujuh tahun penjara,” pungkas Kapolres.

(Humas Polres Salatiga Polda Jateng)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password